Teori Perilaku Konsumen
Rupanya perilaku konsumen juga mempunyai dua buah teori. Nah, sebelum membaca tentang teori perilaku konsumen, apa sih perilaku konsumen itu? Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan oleh masing-masing individu untuk evaluasi, pendapatan, penggunaan atau mengatur barang dan jasa.
Teori perilaku konsumen disebut juga sebagi teori nilai guna yang dibagi menjadi 2, yaitu:
- Teori Nilai Guna Kardinal
Bertitik tolak pada anggapan bahwa kepuasan setiap konsumen dapat diukur dengan apapun (sama seperti dalam hukum Gossen), artinya tinggi rendahnya nilai suatu barang tergantung pada tiap penilaian - Teori Nilai Guna Ordinal
Pengukuran kepuasan setiap konsumen diurutkan dalam tingkatan-tingkatan tertentu (mis. Tinggi, sedang, rendah)
Macam-macam Perilaku Konsumen
Nah, selain teori, perilaku konsumen juga dibagi menjadi 2 yaitu:
- Perilaku Rasional
Artinya, konsumen mampu memilih barang yang hendak dikonsumsi secara matang dalam penggunaan dan harga serta terkadang kualitas/keawetan barang - Perilaku Irrasional
Artinya, konsumen tidak mampu memilih barang yang henda dikonsumsi dan membeli barang akibat pengaruh dari luar atau hanya untuk prestise sehingga konsumen irrasional juga terkadang diartikan (bagi beberapa orang) sebagai shopaholic
Faktor yang mempengaruhi
Sama nih! Sama-sama dibagi menjadi 2 yaitu:
- Internal
Artinya, hal yang mendorong konsumen untuk membeli barang atau jasa adalah berasal dari dalam dirinya sendiri - Eksternal
Artinya, hal yang mendorong konsumen untuk membeli barang atau jasa adalah berasal dari pengaruh-pengaruh lingkungan di sekitar konsumen serta penjual yang melebih-lebihkan barang dagangannya terkadang dimasukkan ke dalam factor eksternal ini.
Semoga membantu :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar